Seiring
perkembangan zaman yang semakin maju menuntut sistem bisnis yang mulai berubah
menuju era digital. Saat ini
banyak perusahaan menggunakan system yang bersifat online didalam menjalankan
pemasaran produknya guna memperluas segmentasi market nantinya(digital marketing). Peluang
untuk membangun jejaring dengan berbagai institusi lain tersebut harus
dimanfaatkan karena dewasa ini persaingan sesungguhnya terletak pada bagaimana
sebuah perusahaan dapat memanfaatkan E-Commerce untuk meningkatkan kinerja
dalam bisnis inti yang digelutinya. Di bawah ini akan
saya jelaskan salah satu dari pemanfaatan internet dalam bidang pengembangan bisnis
yaitu Digital Marketing.
Digital
Marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau
konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.
Ada beberapa
tahapan belajar ketika memulai digital marketing, yaitu :
1. Tidak
menyadari kalau belum bisa
2. Sadar
kalau belum bisa
3. bisa tapi
masih berpikir
4. tidak
berpikir bisa jalan
Oleh sebab
itu untuk melakukan digital marketing secara maksimal perlu pengembangan diri sendiri terlebih
dahulu dengan memperhatikan apa dan bagaimana kita memulai langkah dalam
digital marketing, antara lain :
A. Produk Research
1. Mencari produk tidak harus produksi
sendiri tapi bisa bekerja sama dengan vendor lain, misal menjadi dropshipper.
2. Produk bisa repeat order atau tidak,
maksudnya pembelian secara berulang Misal: percetakan undangan, buku album
3. Produk bisa habis atau kadaluarsa,
untuk pemasaran online lebih baik memilih produk dengan kadaluarsa yang lama.
B. Research Diri-sendiri
·
Percakapan
(menemukan ide-ide dari percakapan dengan orang lain di sekitar kita)
·
Melihat
trend (mencari peluang dengan mengikuti trend yang sedang terjadi di
masyarakat)
·
Setelah
itu, Pengambilan keputusan website yang akan digunakan (free atau berbayar)
C. Costumer Research
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjFLzE2ex6ehEiRvdylWKNRmh4g4hbykJNe2AVJ8BjazjV5kvlkP0R2MYZXThV5jZXpBiAdtmYr6EHTuGMkvmPJQM6unpWBjOsjYze3HJddol3zyfD4NY_NnSjpxEM-kwS6touLThJUGi5/s320/htbacb-02.jpg)
1. Usia
2. Gender
3. Gaya hidup
4. Pekerjaan dll.
D. Costumer Traffic
Traffic diartikan sebagai pengunjung yang datang ke website atau landing
page anda.Traffic datang dari berbagai tempat di internet, ada yang datang dari
search engine, Facebook, Twitter, YouTube, forum, atau website lainnya. Biasanya
semakin besar traffic yang datang ke website anda, semakin besar pula potensi
pendapatan anda, walaupun ini tidak selalu benar.
Tujuan
internet marketing
Tujuan utama dalam internet marketing
merupakan mendapatkan profit atau keuntungan, tujuan lainnya meningkatkan
informasi pada sebuah brand atau produk sehingga bisa merubah costumer menjadi tertarik
pada produk yang di jual.
Ada 5
tahapan yaitu :
1.
Lead magnet yaitu, sesuatu
yang kita tawarkan secara gratis dengan tujuan meminta info pribadi pembaca
sepertino hp, alamat email, ataupun yang lainya.
2. Tripwire (filter)
3. The Core Offer (produk)
4. Profit Maximiser :
a. Upsell yaitu, adalah kegiatan menjual produk dengan
kategori yang sama
b. Crossells yaitu, menjual produk
dengan kategori yang berbeda
c. Menaikan harga
d. Promo
e. Barang orang
f. Reseller
g. Retargeting yaitu, suatu cara dalam
usaha menangkap calon customer yang pernah berkunjung ke suatu website dengan
cara menampilkan iklan display/banner kepada calon customer tersebut disetiap
website yang dia kunjungi.
5. Return Path yaitu provider solusi
data global yang membantu perusahaan di dunia mempromosikan dan melindungi
merek mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar