Minggu, 09 Oktober 2016

DIGITAL MARKETING | BP3

BUSINESS PRACTICE 3/ Seminar Digital Marketing /By: Abdul Ghofur




     Seiring perkembangan zaman yang semakin maju menuntut sistem bisnis yang mulai berubah menuju era digital. Saat ini banyak perusahaan menggunakan system yang bersifat online didalam menjalankan pemasaran produknya guna memperluas segmentasi market nantinya(digital marketing). Peluang untuk membangun jejaring dengan berbagai institusi lain tersebut harus dimanfaatkan karena dewasa ini persaingan sesungguhnya terletak pada bagaimana sebuah perusahaan dapat memanfaatkan E-Commerce untuk meningkatkan kinerja dalam bisnis inti yang digelutinya. Di bawah ini akan saya jelaskan salah satu dari pemanfaatan internet dalam bidang pengembangan bisnis yaitu Digital Marketing. 


Digital Marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.
Ada beberapa tahapan belajar ketika memulai digital marketing, yaitu :
1. Tidak menyadari kalau belum bisa
2. Sadar kalau belum bisa
3. bisa tapi masih berpikir
4. tidak berpikir bisa jalan

Oleh sebab itu untuk melakukan digital marketing secara maksimal  perlu pengembangan diri sendiri terlebih dahulu dengan memperhatikan apa dan bagaimana kita memulai langkah dalam digital marketing, antara lain :

A.    Produk Research
1.     Mencari produk tidak harus produksi sendiri tapi bisa bekerja sama dengan vendor lain, misal menjadi dropshipper.
2.     Produk bisa repeat order atau tidak, maksudnya pembelian secara berulang  Misal: percetakan undangan, buku album
3.     Produk bisa habis atau kadaluarsa, untuk pemasaran online lebih baik memilih produk dengan kadaluarsa yang lama.

B.     Research Diri-sendiri
·        Percakapan (menemukan ide-ide dari percakapan dengan orang lain di sekitar kita)
·        Melihat trend (mencari peluang dengan mengikuti trend yang sedang terjadi di masyarakat)
·        Setelah itu, Pengambilan keputusan website yang akan digunakan  (free atau berbayar)

C.     Costumer Research
Semua orang merupakan bukan costumer dari beberapa produk tertentu oleh karena itu dilakukan segmentasi pasar yang akan dituju produk, meliputi:
1.     Usia
2.     Gender
3.     Gaya hidup
4.     Pekerjaan dll.




D.    Costumer Traffic
Traffic diartikan sebagai pengunjung yang datang ke website atau landing page anda.Traffic datang dari berbagai tempat di internet, ada yang datang dari search engine, Facebook, Twitter, YouTube, forum, atau website lainnya. Biasanya semakin besar traffic yang datang ke website anda, semakin besar pula potensi pendapatan anda, walaupun ini tidak selalu benar.
 

Tujuan internet marketing
Tujuan utama dalam internet marketing merupakan mendapatkan profit atau keuntungan, tujuan lainnya meningkatkan informasi pada sebuah brand atau produk sehingga bisa merubah costumer menjadi tertarik pada produk yang di jual.

Ada 5 tahapan yaitu :
1.     Lead magnet yaitu, sesuatu yang kita tawarkan secara gratis dengan tujuan meminta info pribadi pembaca sepertino hp, alamat email, ataupun yang lainya.
2.     Tripwire (filter)
3.     The Core Offer (produk)
4.     Profit Maximiser : 
a.     Upsell yaitu, adalah kegiatan menjual produk dengan kategori yang sama
b.     Crossells yaitu, menjual produk dengan kategori yang berbeda
c.      Menaikan harga
d.     Promo
e.     Barang orang
f.       Reseller
g.     Retargeting yaitu, suatu cara dalam usaha menangkap calon customer yang pernah berkunjung ke suatu website dengan cara menampilkan iklan display/banner kepada calon customer tersebut disetiap website yang dia kunjungi.
5.     Return Path yaitu provider solusi data global yang membantu perusahaan di dunia mempromosikan dan melindungi merek mereka.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar