Rabu, 09 November 2016

Memaksimalkan Marketing Online

BUSINESS PRACTICE 3/ seminar marketing online/ by : Firmansyah Y.



Belajar marketing online bisa meningkatkan pengetahuan bisnis digital yang sedang trend saat ini. Marketing online mampu menambah peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar secara mudah dan murah jika di kelola dengan baik.Dalam seminar memaksimalkan marketing online, di jelaskan beberapa hal tentang bagaimana mengelola marketing online dengan baik.
Marketing  terbagi menjadi 2 jenis yaitu :
1. Offline marketing
     Pemasaran secara fisik di dunia nyata melalui iklan radio/reklame.
2. Online marketing
     Pemasaran produk/jasa melalui dunia maya seperti media internet,web/iklan web.
Di zaman saat ini media internet merupakan alat marketing yang sangat efektif.

Mengapa Media Internet???
berikut beberapa kelebihan internet sebagai marketing yang efektif :
- Biaya lebih murah, hal ini karena pengembangan tidak membutuhkan banyak biaya.
- Jangkauan lebih luas
- Anytime, Anywhere (bisa di akses 24 jam dan di mana saja)

5 hal penting dalam marketing di sosial media
1. Orang tahu bahwa anda siapa (awareness)
2. Orang tahu anda menjual apa (association)
3. Orang percaya pada anda karena anda memiliki nilai positif (perceived quality)
4. Orang puas dengan produk anda (satisfaction)
5. Orang bertransaksi dengan anda serta merekomendasikan andake orang lain (loyalty)

Jenis-jenis sarana marketing online yang populer bisa melalui Website ataupun Sosial media, dalam pengelolaan dari masing-masing jenis pun berbeda misalnya melalui sosial media bisa di katakan "Sharing-sharing dahulu, selling-selling kemudian" maksudnya dengan berbagi info terlebih dahulu seperti promosi secara aktif baru melakukan proses pemasaran/transaksi. Video marketing bisa di lakukan melalui youtube, dengan menggunakan keyword untuk menarik interaksi dari user, melakukan riset untuk mengetahui apa yang sedang berkembang/ viral di youtube, dengan memanfaatkan properties pada setiap objek konten youtube.


SEO (Search Engine Optimization)

SEO merupakan proses meningkatkan website agar lebih mudah di cari oleh user dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma.
Search engine optimization terbagi menjadi 2 :
-SEO organik, berupa tampilan web biasa, dan jangka panjang.
-SEO nonorganik, berupa iklan-iklan pop up
SEO bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website lebih baik di mesin pencari terutama Google. Halaman website yang memiliki ranking yang baik di halaman pencarian google tentunya akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak visitor potensial terus menerus secara gratis.

Penerapan SEO
Ada banyak cara untuk melakukan SEO organik, yang pada intinya adalah mencari dukungan (backlink) dari website/ blog lain yang membantu menyebarkan alamat website kita (anchor text).
-SEO On Page
  Optimisasi yang di lakukan dari dalam situs website. Serangkaian cara dalam menyusun isi dari halaman   website: template, judul website, meta deskripsi,heading artikel,keyword/tag,konten,struktur url,page speed,outbond link.
-SEO Off Page
  Optimisasi yang di lakukan dari luar situs website. Serangkaian caramembangun backlink memperbanyak inbound link (link dari situs web lain yang mengarah ke situs web anda), misal :iklan gratis/berbayar, blog walking/komentar, social bookmark,article share, dummy blog,social media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar