Dalam menjalankan sebuah usaha baik dalam skala besar maupun kecil harus memperhatikan 4 fungsi bisnis yaitu human resource , finance, marketing dan production. Nah ke-4 fungsi bisnis ini biasa di terapkan pada perusahaan-perusahaan bergerak dibidang manufaktur.
Pada kuliah tamu di STIE ASIA hari ini mengangkat tema sesuai 4 fungsi bisnis dengan mendatangkan pemateri Dr. David Sukardi Kodrat, MM., CPM yang telah berpengalaman bekerja dibidang distribusi, merancang pengembangan dan operasional pabrik dari Orang Tua Group.
Beberapa materi yang disampaikan kali ini sangat menarik untuk di ikuti, bukan hanya mengenai inti materi tapi juga ada games dan challenge yang membuat kuliah tamu semakin interaktif. Materi 4 fungsi bisnis akan saya bahas pada postingan saya di bawah ini.
Integrasi Fungsi Manajemen Dalam Perusahaan Manufaktur
Setiap perusahaan mempunyai bagian-bagian penting dalam menjalankan operasional perusahaan, antara lain bagian Human Resource Management, Back office sampai Front office yang mendukung proses distribusi produk hingga sampai ke customernya. Perdivisi tersebut tidak lepas dari penerapan 4 fungsi bisnis dalam manajemen perusahaan.
1. Fungsi Sumber Daya Manusia
Sumber Daya Manusia dalam perusahaan bisanya di tangani oleh HRD Manajer, yang bertanggung jawab dalam merekrut, menempatkan dan memberi pelatihan pada sdm, mengamati kinerja, pengembangan, renumerasi, carier plan pegawai dan program pensiun. Sebagai HRD diharapkan mampu dalam merekrut pegawai berkualitas untuk memajukan perusahaan karena pegawai merupakan salah satu investasi jangka panjang perusahaan .
2. Fungsi Produksi
Suatu perusahaan agar dapat menguasai pasar harus mampu melihat pangsa pasar yang akan dituju, hal iniakan memudahkan perusahaan produk seperti apa yang akan di produksi agar sesuai dengan rasa dan selera pasar. Dengan begitu perusahaan dapat menyesuaikan pola produksi yang baik mulai dari pemilihan bahan baku dan suplier, proses produksi yang efektif dan efisien, logistik, pengawasan mutu,pemeliharaan sistem produksi, perencanaan kebutuhan barang jadi hingga kebutuhan bahan baku.
3. Fungsi Pemasaran
Selain memproduksi perusahaan harus mampu memasarkan produknya, oleh karena itu dalam menjual produk perusahaan memperhatikan kepentingan konsumennya. Strategi marketing yang baik antara lain dengan melakukan segmentasi yaitu dengan mengelompokkan pasar menurut keadaan geografi, demografi, psiikografi,dan kebiasaan dalam suatu kelompok tersebut.Targeting yaitu menetapkan tujuan kepada siapa produk tersebut akan dijual.Positioning yaitu bagaimana produk itu di terima dalam pasar, bisa jadi produk telah dikenal dan di percaya pasar atau produk kurang dikenaldalamsuatu pasar. Hal ini akan memberi evaluasi pada perusahaan untuk memperbaiki promosinya maupun pengembangan pada produknya dengan memberi diferensiasi dengan produk pesaing.
4. Fungsi Keuangan
Fungsi yang keempat yaitu dengan mengelola keuangan perusahaan untuk kegiatan operasionlanya. Keuangan merupakan modal perusahaan untuk melakukan pendanaan semua aktivitasnya, bukan hanya itu pengelolaan keuangan juga diperlukan untuk keputusan investasi dan keputusan dividen bagi para pemegang saham.Dengan pengelolaan yang baik dan terencana akan menghindarkan perusahaan dari risiko-risiko yang akan datang.
Nah itu beberapa isi dari kuliah tamu kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar